Perkuat P2HAM di Lembaga Pemasyarakatan, Dirjen HAM Sambangi Lapas Kelas IIB Slawi Jateng

Slawi, ham.go.id – Perkuat Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Lembaga Pemasyarakatan sebagai unit layanan , Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, menyambangi Lapas kelas IIB Slawi, Jawa Tengah, Jum’at (17/9)

Dalam kesempatan terbatas Direktur Jenderal HAM menyambangi Lapas Slawi yang langsung disambut hangat oleh kepala Lapas Slawi. Dirjen HAM berkesempatan memberikan penguatan dan arahan terkait pentingnya pemenuhan layanan publik berbasis Hak Asasi Manusia. Jika P2HAM ini sudah mulai berlangsung penerapan dan penilaiannya di seluruh UPT baik di Pemasyarakatan maupun Imigrasi Kemenkumham semenjak tahun 2018 silam. Maka ke depannya hal ini bukan hanya sekedar mendapatkan penghargaan melalui penilaian tapi memang benar-benar diterapkan sebagaimana core value yang sudah sering didengungkan ” ASN bangga melayani Bangsa” yang memang berfokus sebagai konsep good governance. Dengan peningkatan layanan pastinya diharapkan adanya peningkatan dalam kualitas masyarakat.

“P2HAM ini merupakan rangkaian kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan prinsip HAM bagi setiap warga negara dan penduduk atas jasa dan atau pelayanan administratif yang disediakan,” jelas Direktur Jenderal HAM
Adapun asas-asas HAM hakekatnya telah tertuang pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. “Jika kita merujuk pada pasal 4 UU Nomor 25 Tahun 2009, maka dapat ditemukan bahwa asas kesamaan hak maupun non-diskriminatif yang juga merupakan asas di dalam HAM ini telah dicantumkan,” ujar Mualimin.

Adapun P2HAM saat ini berfokus pada tiga kriteria yaitu aksesibilitas terhadap layanan, ketersediaan petugas, dan kepatuhan petugas serta pejabat. Oleh karenanya lembaga pemasyarakatan ( Lapas) maupun rumah tahanan (rutan) wajib memahami dan mengimplementasikannya tutur mualimin menutup penguatan yang diberikan siang ini di lapas Slawi. Turut hadir dalam acara penguatan Dirjen HAM tentang P2HAM; perwakilan UPT Pas dari LP Brebes, LP Tegal, serta Rutan Pemalang. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2