347 Pengaduan Dugaan Pelanggaran HAM Telah Diterima Subdit Yankomas Wilayah I Selama Periode Triwulan III

Jakarta, ham.go.id – Dorong evaluasi Capaian capaian penanganan kasus dugaan pelanggaran HAM Sub-Direktorat Yankomas Wilayah I selama periode Januari – September 2021, Direktorat Jenderal HAM melalui Direktorat Yankomas gelar rapat penyusunan laporan penanganan dugaan pelanggaran HAM triwulan III tahun 2021, Selasa (21/9).

Rapat yang dbuka dan dipimpin langsung oleh Kasubdit Yankomas Wilayah III, Asep Sudrajat dihadiri oleh Kasubdit Yankomas Wilayah I dan Kasubdit Yankomas Wilayah II beserta sejumlah pejabat pengawas dan staf di Direktorat Yankomas di ruang rapat utama Ditjen HAM.

Mengutip pernyataan Direktur Yankomas, Asep menekankan pentingnya memberikan nilai tambah pada laporan yang telah disusun. Ada pun nilai tambah yang dimaksud ini adalah berkenaan dengan perlunya publikasi yang baik agar masyarakat mengetahui kerja-kerja yang dilakukan Direktorat Jenderal HAM khususnya berkenaan dengan pengaduan dugaan pelanggaran HAM.

Dapat diinformasikan, selama periode Januari-September 2021 Sub-Direktorat Yankomas Wilayah I telah menerima sebanyak 347 pengaduan dugaan pelanggaran HAM dari 11 provinsi yang menjadi cakupannya. Sementara itu, jumlah tanggapan hingga triwulan III yang telah diterima mencapai 85 tanggapan.

Provinsi Jawa Barat menjadi asal wilayah dengan jumlah pengaduan terbanyak sebanyak 109 disusul oleh Sumatera Utara. Secara tematik, kasus yang diterima didominasi oleh isu seputar pertanahan. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2