Bahas Ratifikasi Konvensi Anti Penghilangan Paksa, Ditjen HAM Terima Audiensi dari KontraS

Jakarta, ham.go.id – Ditjen HAM melalui Direktur Instrumen HAM, Timbul Sinaga, menerima audiensi dari KontraS, Senin (6/12). Dalam pertemuan di ruang rapat utama, kedua belah pihak membahas terkait ratifikasi konvensi anti penghilangan paksa.

“Harapannya, paling tidak tanggal 10 Desember 2021, surat presiden sudah dikirimkan ke DPR,” ujar Timbul.

Direktur Instrumen HAM menuturkan pihaknya telah melakukan koordinasi dan dialog dengan K/L terkait dalam upaya mendorong ratifikasi konvensi anti penghilangan paksa. “Saya kira dari sisi pemerintah sudah tidak ada persoalan dengan substansinya,” ungkap Timbul.

Jika nanti 10 Desember 2021 surat presiden telah dikirim, Timbul berharap KontraS dapat membantu pemerintah untuk berdialog dengan rekan-rekan anggota dewan di senayan. “Kami juga pastinya meminta dukungan teman-teman KontraS berkomunikasi dengan anggota dewan sehingga mempercepat proses ratifikasi,” ucap Timbul.

Dalam forum ini, turut mendampingi Direktur Instrumen HAM adalah Kasubdit Instrumen Hak Sipil dan Politik, Kasubdit Instrumen Hak Ekonomi Sosial dan Budaya, dan Kasubdit Instrumen Hak Kelompok Rentan.

Dalan kesempatan ini, KontraS juga menyerahkan petisi yang bermaksud untuk mendorong pemerintah mempercepat ratifikasi kovenan anti penghilangan paksa. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2