Semarakkan HDKD ke-77, Kemenkumham Gelar Aksi Donor Darah

Jakarta, ham.go.id – Ratusan ASN Kementerian Hukum dan HAM RI berpartisipasi pada kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-77, yang diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 28-29 Juli di Selasar Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Kuningan – Jakarta Selatan.

Turut hadir untuk mengikuti kegiatan donor darah serta memberikan arahan, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H. Sekretaris Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Bambang Iriana Djajaatmadja, SH. LLM, juga turut hadir dalam pembukaan kegiatan.

Mengutip data WHO, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Sosial Mien Usihen mengatakan bahwa Indonesia masih kekurangan pasokan darah setiap tahunnya di mana total kebutuhannya di angka 5,1 juta kantong darah. Sementara, pasokan darah yang diterima hanya sebanyak 4,1 juta kantong. Pasokan darah ini semakin menurun drastis, yakni turun sekira 30 persen selama pandemi Covid-19 melanda dua tahun ke belakang.

“Apabila semua calon pendonor lolos screening kesehatan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), akan bisa disumbangkan lebih dari 700 labu darah ditambah lagi pelaksanaan kegiatan donor di tingkat wilayah dan satuan kerjanya (satker) yang dapat membantu ketersediaan labu darah di PMI wilayah masing-masing,” kata Mien Shen, dalam sambutan pembukanya. Sekretaris BPHN, Audy Murfi MZ, bertindak sebagai Koordinator Bakti Sosial Donor Darah HDKD ke-77. (Humas BPHN & DJHAM)

 

Post Author: operator.info2