Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke-77

Jakarta, ham.go.id – Ada yang meriah pagi ini di lapangan merah, Rabu (17/8). Para pegawai Direktorat Jenderal HAM bersama dengan seluruh unit utama KemenkumHAM berbaris rapi mengenakan pakaian adat daerah kebanggaan masing-masing. Ya, setelah tiga tahun, untuk kali pertama, KemenkumHAM menggelar upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-77.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, bertindak selaku inspektur upacara kali ini. MenkumHAM memilih pakaian adat Bali pada upacara HUT Republik Indonesia ke-77.

Dalam pidatonya, MenkumHAM menyatakan upacara merupakan bentuk syukur atas kemerdekaan yang telah diraih sekaligus untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan.

“Dan yang tidak kalah penting, upacara ini harus dimaknai sebagai penggungah semangat kebangsaan, cinta akan tanah air, dan komitmen bersama untuk membangun Indonesia Raya,” jelas Yasonna.

Lebih lanjut, MenkumHAM juga mengingat seluruh jajaran untuk benar-benar menjalankan amanat yang disampaikan Bapak Presiden RI dalam sidang tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2022.

“Agenda besar tidak boleh berhenti, langkah-langkah besar harus terus dilakukan dan ini semua perlu didukung bersama oleh seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya mengutip pernyataan Presiden RI.

Ada lima tugas besar yang dipandang perlu untuk dijadikan perhatian bagi seluruh jajaran. Salah satunya berkenaan dengan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Pada upacara kali ini, juga digelar penyerahan penghargaan satya lencana kepada pegawai dan pemberian remisi untuk para l pemberian remisi secara simbolik. Sejatinya, pada peringatan HUT RI ke-77, KemenkumHAM memberikan remisi kepada 168.916 warga binaan.

“Saya atas nama pemerintah RI, mengucapkan selamat bagi WBP yang menerima remisi, tunjukanlah sikap dan perilaku yang baik secara konsisten, taat serta patuh menjalani ketentuan yang ada dalam program pembinaan,” jelasnya.

Sebelum, mengakhiri pidatonya, Yasonna tidak lupa berpesan agar seluruh jajaran KemenkumHAM memiliki semangat juang para pahlawan.

“Milikilah semangat juang para pahlawan yang terpatri dalam diri masing-masing yakni nasionalisme dan patriotisme yang tinggi bekerja tanpa pamrih dan ikhlas serta rela berkorban demi kemajuan Kementerian Hukum dam HAM,” kata Yasonna.

Selepas upacara, MenkumHAM beserta Direktur Jenderal HAM dan para pimti madya menyempatkan diri berfoto bersama dengan para peserta upacara.

Selepas acara upacara di lapangan merah para pimti madya mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara secara virtual.

Tidak hanya kegiatan upacara, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 KemenkumHAM juga menggelar sejumlah pertandingan olahraga tradisional mulai dari panjat pinang, tarik tambang, lomba balap bakiak hingga balap karung. (Humas DJHAM)

 

Post Author: operator.info2