Percepat Penyelesaian Permasalahan HAM, Tim Yankomas Kumham Jateng Lakukan Koordinasi dengan Bagian Hukum Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo, ham.go.id – Upaya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dalam mendorong penyelesaian setiap pengaduan dugaan pelanggaran HAM terus dilakukan. Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti, bersama Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan, melakukan koordinasi dengan Bagian Hukum Setda Kabupaten Sukoharjo, Selasa (16/08).

Koordinasi tersebut bertujuan untuk membahas tindak lanjut atas laporan dugaan pelanggaran HAM terkait seorang ayah yang tidak diberikan akses bertemu dengan anak kandungnya. Giat koordinasi ini diterima oleh Norma Yoga dan Ervita selaku Analis Bantuan Hukum dan HAM Setda Kabupaten Sukoharjo.

Lista menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng telah beberapa kali mengundang Pihak yang Dikomunikasikan yaitu mantan istri dari Penyampai Komunikasi untuk melakukan klarifikasi dan memberikan penjelasan atas permasalahan ini namun yang bersangkutan tidak pernah memenuhi undangan. Selain itu, Penyampai Komunikasi menyampaikan kekhawatirannya terhadap perkembangan mental anaknya, oleh karena ibunya atau mantan istrinya mengikuti suatu aliran kepercayaan. Menurutnya, ini tidak sesuai dengan agama atau kepercayaan yang ada di Indonesia.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah hak pendidikan yang harusnya diperoleh anaknya tidak terpenuhi dengan baik dan layak oleh karena ajaran aliran kepercayaan pada komunitas ibunya tidak memberikan ruang untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat di luar komunitas tersebut. “Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas PPKBP3AS Kabupaten Sukoharjo untuk melakukan kerja sama dalam menangani permasalahan ini”, ujar Lista.

“Kami akan mendalami dan mengkaji lebih dalam terkait permasalahan ini dan kami akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas terkait untuk membahas adanya aliran kepercayaan yang dianggap tidak sesuai dengan agama di Indonesia”, pungkas Norma Yoga.

Sebagai informasi, Yankomas memberikan pelayanan kepada masyarakat terhadap dugaan pelanggaran HAM dimana Penyampai Komunikasi dapat menyampaikan secara langsung aduannya terkait pelanggaran HAM ke Kanwil Kemenkumham Jateng atau pada pos Yankomas yang berada di tiap Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Jawa Tengah serta yang telah tersedia pada Mal Pelayanan Publik di Kabupaten/Kota. (Kanwil Kemenkumham Jateng)

Post Author: Operator Info 3