Kemenkumham Gelar Upacara Peringatan HDKD ke-77 Secara Meriah

Jakarta, ham.go.id – Akhirnya setelah dua tahun diterjang pandemi covid-19, KemenkumHAM kembali untuk pertama kali menggelar upacara peringatan HDKD secara meriah. Para pegawai Direktorat Jenderal HAM bersama dengan seluruh unit pusat KemenkumHAM memadati lapangan merah sedari pagi, Jumat (19/8).

MenkumHAM, Yasonna H. Laoly, bertindak selaku inspektur upacara pada upacara peringatan HDKD ke-77. Dalam pidatonya, Yasonna menyatakan jumat pagi ini merupakan hari yang istimewa. Pasalnya, hari ini kali pertama upacara HDKD diperingati pada 19 Agustus. “Penetapan hari lahir KemenkumHAM ini dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi hari lahir KemenkumHAM RI pada sejarah yang benar,” terang Yasonna.

Sebelum diketahui Bersama, peringatan HDKD kerap dirayakan setiap tanggal 30 Oktober.

Yasonna menegaskan seluruh jajaran insan pengayoman untuk mendasari indeks kepuasan masyarakat sebagai tolok ukur dalam menjalankan layanan publik. “Ukuran keberhasilan kita tidak lagi sekadar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, tetapi terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik dan memperoleh legitimasi masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Yasonna juga mengucapkan terimakasih atas kinerja dan pengabdian seluruh jajaran dalam membangun KemenkumHAM. “Kita harus mampu menjaga komitmen dan konsisten menjadi insan pengayoman yang profesional, akuntabel, dan mempunyai terobosan yang kreatif menyikapi keterbatasan yang ada,”imbuhnya.

“Pada akhirnya mari kita berdoa, semoga di usia ke-77 tahun ini Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, kemudahan, dan perlindungan bagi kita semua selaku jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam menjalankan pengabdian bagi masyarakat, bangsa, dan engara,” pungkas Yasonna mengakhiri pidatonya.

Selepas acara upacara, MenkumHAM Bersama dengan seluruh pejabat tinggi madya, dan pejabat tinggi pratama, berfoto dengan seluruh jajaran yang hadir di lapangan merah.

Sebagai informasi upacara dimulai, WamenkumHAM berkesempatan membacakan sejarah singkat KemenkumHAM. Dalam paparan singkat tersebut, dijelaskan termasuk mengenai perubahan tanggal peringatan HDKD.

Sejumlah pejabat eselon 1 juga turut menjadi petugas dalam upacara HDKD kali ini di antaranya, Kepala BPSDM yang bertugas membacakan Pembukaan UUD RI 1945 dan Plt. Balitbang KumHAM yang turut membacakan teks panca prasetya korpri. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2