Kanwil Kumham Jateng Menerima Koordinasi dan Konsultasi Aksi HAM Kabupaten Kendal

Semarang, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Bidang HAM yang diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti menerima koordinasi dan konsultasi terkait Pelaporan Aksi HAM dari Bagian Hukum Setda Kabupaten Kendal, Selasa (30/08).

Awal pertemuan ini Bagian Hukum Setda Kabupaten Kendal yang diwakili Sub Koordinator Dokumentasi dan Informasi Setda Kabupaten Kendal  M. Anwar  Azhari menyampaikan bahwa kendatangannya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ini pertama silaturahmi dan yang kedua tindaklanjut dari koordinasi kami tanggal 18 Agustus 2022 terkait dengan pelaporan aksi HAM, kami telah melakukan pengumpulan data dukung mohon berkenan untuk koreksi dan arahannya. Selain itu kami sampaikan juga bahwa untuk data dukung aksi HAM 3 sasaran kelompok anak kami menemui kendala yaitu Dukcapil Kab. Kendal tidak dapat membuka data dimaksud pada SIAK mengingat harus ada MOU dengan Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Bidang HAM Lista Widyastuti melakukan pengecekan dokumen/data dukung aksi HAM yang telah disusun oleh Kabupaten Kendal secara runtut mulai dari aksi HAM 1 sampai  aksi HAM 6 sekaligus menyampaikan kekurangan/kekeliruan yang ada.  Selanjutnya terkait dengan kendala data dukung aksi HAM 5 sasaran kelompok anak dapat mendatangi Dinas sosial, Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan OPD terkait lainnya kemudian dikonfirmasikan dengan Dukcapil setempat.

Dalam kesempatan ini juga Lista Widyastuti menyampaikan bahwa kami siap membantu terkait dalam pemenuhan data dukung pelaporan Aksi HAM B08 Tahun 2022 ini sehingga Kabupaten Kendal dapat meraih predikat aksi HAM. (Kanwil Kemenkumham Jateng)

Post Author: Operator Info 3