Bidang HAM Kanwil Kumham Jateng Lakukan Pendampingan ke Rutan Kelas IIB Jelang Pengumpulan dan Penilaian Data Dukung P2HAM

Banyumas, ham.go.id – Kanwil Kemenkumham Jateng melalui Bidang HAM yang di wakili oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti didampingi Kasubbid Pemajuan HAM, Moh. Hawary Dahlan dan Pelaksana Bidang HAM lakukan kunjungan guna pendampingan dan pembinaan jelang pengumpulan dan penilaian data dukung Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM), di Rutan Kelas II B Banyumas, Rabu (09/08).

Tim Bidang HAM, Kanwil Kemenkumham Jateng disambut oleh Kepala Rutan Kelas II B Banyumas, Agung Nurbani beserta jajaran. Agung menyampaikan ” terima kasih atas kunjungan Tim Bidang HAM Kanwil yang sudah jauh-jauh untuk melakukan pendampingan dan pembinaan pelayanan publik berbasis HAM jelang pengumpulan dan penilaian tahun ini” ujarnya.

Lebih lanjut, Karutan mengungkapkan “Rutan Kelas II B Banyumas akan terus melakukan pelayanan dalam rangka pemenuhan HAM dengan baik, dapat dilihat dari pemberian makanan yang layak, tetap memberikan bimbingan secara merata terhadap warga binaan walaupun overcapacity, serta pelayanan kesehatan yang memadai.”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Lista menyampaikan “apresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh rutan kelas II B Banyumas dan tetap harus mempertahankan apa yang sudah baik dan memenuhi apa yang belum ada dalam indikator penilaian P2HAM serta mengembangkan inovasi-inovasi dalam pelayanan kepada warga binaan yang ada dalam memenuhi HAM setiap individu warga binaan”Ujarnya.

Selanjutnya Kepala Bidang HAM juga menekankan bahwa “pentingnya memberikan pelayanan dan fasilitas kepada warga binaan permasyarakatan sesuai dengan hak-haknya, tanpa menguranginya. Diharapakan dalam pemberian pelayanan tersebut mengacu pada Permenkumham No. 2 Tahun 2022 Tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang belum ada yg terdapat dalam indikator permen baru tersebut untuk dapat dipenuhi agar pada penilaian P2HAM yang akan dilaksanakan tahun ini Rutan Kelas IIB Banyumas mendapat hasil yang diharapkan.” Tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Lista menyampaikan kunjungan ini sekaligus menindaklanjuti surat dari Ditjen HAM terkait adanya pengaduan dugaan pelanggaran HAM di Banyumas yang viral di media sosial, dimana dua Tahanan menjadi saksi kasus tersebut yang dititipkan di Rutan Kelas II B Banyumas.

Kegiatan di akhiri dengan melakukan peninjauan ke ruangan-ruangan yang diperuntukkan untuk pelayanan, seperti ruang tahanan, ruang tahanan khusus wanita, ruang tahanan bebas asap rokok, ruang tahanan anak, dapur umum, taman bermain anak, tempat ibadah, dan fasilitas kesehatan.

Post Author: operator.info2