Bahan Ajar Pelatihan HAM bagi Tenaga Kesehatan

  • Version 1.0.0
  • Download 334
  • File Size 437.68 KB
  • File Count 1
  • Create Date September 18, 2015
  • Last Updated September 18, 2015

Bahan Ajar Pelatihan HAM bagi Tenaga Kesehatan

Bahan Ajar Pelatihan Ham bagi Tenaga KesehatanBahan ajar pelatihan tentang Hak Asasi Manusia dan Hak Kesehatan  bagi tenaga kesehatan ini disusun untuk melengkapi modul bagi tenaga kesehatan pada tahun 2012. Bahan ajar  ini dibuat agar pengenalan nilai-nilai HAM dapat diinternalisasikan melalui pelatihan HAM bagi para tenaga kesehatan.
Bahan ajar ini mencakup perencanaan  dan pelaksanaan program-program kesehatan; bagaimana hal itu dilakukan oleh tenaga kesehatan mulai dari penyusunan kebijakan, penyusunan rencana strategis dan  rencana tahunan, sampai implementasi program kesehatan di tengah masyarakat.
Karena begitu banyaknya jenis dan fungsi tenaga kesehatan dalam pembangunan kesehatan, maka bahan pelatihan ini  dibatasi hanya untuk tenaga kesehatan yang bekerja di daerah (Kabupaten/Kota).  Dalam konteks desentralisasi, pelaksanaan langsung upaya dan pelayanan kesehatan sebagian besar terjadi daerah, sesuai dengan besarnya kewenangan daerah  dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kesehatan.
Penyusunan bahan ajar ini adalah  satu kegiatan dari, Direktorat Jendral Hak Asasi Manusia, Kementerian  Hukum dan HAM. Kami mengharapkan agar bahan ajar ini kiranya dapat menjadi media yang bermanfaat bagi siapa saja yang berperan sebagai tenaga kesehatan , dan dapat meningkatkan aktualisasi HAM,  khususnya Hak Kesehatan, dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan di Indonesia.

/ by

Post Author: