Jurnal HAM Edisi I Tahun 2014

  • Version 1.0.0
  • Download 78
  • File Size 4.00 KB
  • File Count 1
  • Create Date September 4, 2015
  • Last Updated September 6, 2015

Jurnal HAM Edisi I Tahun 2014

12 Jurnal HAM Edisi I Tahun 2014_01Buku bacaan "JURNAL HAM" Edisi ke-1 tahun 2014 ini menyajikan tema mengenai " HAM dan Bisnis".
Kehadiran era globalisasi telah membuka ruang investasi yang dilakukan oleh korporasi dari negara lain dan korporasi domestic yang memiliki modal dan skill yang memadai. Keberadaan korporasi multinasional dan korporasi domestik memberikan dampak balk positif dan kemungkinan dampak negative terutama implikasinya pada pemenuhan hak ekonomi dan sosial. Hal ini mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menyusun Prinsip panduan atas Bisnis dan HAM Pelaksanaan Kerangka Kerja PBB yaitu : Perlindungan dan Penghormatan HAM terhadap Masyarakat serta Pemulihan HAM terhadap Kerusakan Lingkungan.

Buku Panduan ini berisi tiga hal, yaitu perlindungan negara terhadap setiap individu atau (kelompok) masyarakat dari praktik buruk kelompok usaha, kewajiban hukum perusahaan dan kelompok usaha menghormati hak-hak masyarakat serta pemulihan hak-hak dan kondisi akibat praktik buruk kegiatan bisnis.
Pada edisi kali ini disajikan berbagai tulisan dari para pemerhati hukum dan HAM serta pandangannya terhadap HAM dan Bisnis antara lain :Gap antara Hukum Tertulis dan Nilai-Nilai Sosial, Sebuah Catatan Teoritas, Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan Hak Asasi Manusia (Analisis Perspektif Yuridis), Signifikasi HAM dalam Bisnis.

/ by

Post Author: