Jurnal HAM Edisi II Tahun 2014

  • Version 1.0.0
  • Download 91
  • File Size 4.00 KB
  • File Count 1
  • Create Date September 4, 2015
  • Last Updated September 7, 2015

Jurnal HAM Edisi II Tahun 2014

jurnalhamiiBuku bacaan "JURNAL HAM" Edisi ke-2 tahun 2014 ini menyajikan tema mengenai " Perlindungan Hukum dan Hak Asasi Anak Korban Kekerasan Seksual".

Isu kekerasan seksual pada anak memang menjadi sebuah masalah yang meningkat balk jumlah maupun skalanya beberapa tahun terakhir ini. Pada bulan Oktober 2006, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan hasil studi tentang kekerasan terhadap anak, yang mengungkapkan skala berbagai bentuk kekerasan yang di alami anak di seluruh dunia terus meningkat, sehingga PBB menyerukan penguatan komitmen dan aksi ditingkat nasional dan lokal oleh semua kepala Negara. Di Indonesia sendiri angka kekerasan terhadap anak tidak pernah menunjukkan angka menurun, kecenderungan selalu meningkat.

Disisi lain, anak memiliki hak konstitusional untuk mendapat perlindungan dari kekerasan seksual, sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jelas telah mengamanatkan sesuai pasal 28b ayat (2) telah menyatakan"Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi". UndangUndang No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak kemudian mengolaborasi dalam pasal 4 yang berbunyi "setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi". Bersarkan norma tersebut maka Negara dipandang berkewajiban dan bertanggungjawab terhadap perlindungan anak dari kekerasan seksual.

Pada edisi kali ini disajikan berbagai tulisan dari para pemerhati hukum dan HAM antara lain : Perlindungan Anak Korban Kekerasan Seksual dari Aspek Hukum dan HAM di Indonesia, Perlindungan Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual, Pentingnya Rumah Ramah Anak (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta), Pembinaan Bagi Pelaku dan Korban Kekerasan Seksual Oleh Anak Terhadap Anak, Perlindungan Hukum dan HAM Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual, Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Eksploitasi Seksual Komersial dan Kajian Kekerasan Seksual Anak di Indonesia.

/ by

Post Author: