Pelatihan HAM Untuk Para Guru di Sekolah

  • Version 1.0.0
  • Download 650
  • File Size 0.00 KB
  • File Count 1
  • Create Date September 18, 2015
  • Last Updated September 18, 2015

Pelatihan HAM Untuk Para Guru di Sekolah

pltguruPenguatan HAM pada Guru di tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, antara lain dilakukan melalui Pelatihan HAM. Salah satu komponen penting keberhasilan pelatihan HAM bagi Guru adalah tersedianya modul yang dapat dijadikan acuan proses pembelajaran dalam pelatihan HAM bagi Guru. Pada tahun 2012 Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM memandang perlu melakukan enyusunan Modul Pelatihan HAM Bagi Guru. Modul yang berhasil disusun ini diharapkan bermanfaat bagi penyelenggara Pelatihan HAM khususnya Pelatihan HAM Bagi Guru.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa meskipun modul ini disusun melalui proses panjang, namun modul ini masih jauh dari sempurna, oleh karenanya kritik dan saran dari pembaca maupun pengguna modul sangat diharapkan, semata-mata untuk penyempurnaan modul ini. Dan, tentunya kami tidak lupa hanturkan ucapan terima kasih atas berbagai masukan tersebut.

Proses memfasilitasi di dalam modul ini menggunakan metode dan tehnik andragogi yang lazim digunakan pada proses belajar orang dewasa. Tehnik yang dituangkan dalam modul ini hanya merupakan salah satu tehnik dari banyak tehnik yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pelatihan orang dewasa. Para pengguna modul ini terutama fasilitator dimungkinkan untuk mengembangkan atau memodifikasi tehnik-tehnik yang ada di dalam modul ini, bahkan sangat mungkin untuk menggunakan tehnik yang benar-benar baru.

Semoga Modul ini memberikan manfaat bagi Fasilitator maupun Pelatih HAM, yang pada akhirnya mampu berperan memberikan penguatan bagi Para Guru baik ditingkat Nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota guna mengimplementasikan HAM ke dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.

/ by

Post Author: